Uncategorized

Jakarta memilih

Jurnal 3

 

Hari ini Jakarta memilih untuk yang kedua kalinya. Kandidat pertama adalah orang lama, sementara kandidat kedua adalah orang baru. Baru kali ini Jakarta amat ramai membicarakan para kandidat. Para pendukung yang pro dan kontra terhadap kedua kandidat sibuk membicarakan, me-tweet-kan, membandingkan kelebihan kandidatnya juga kekurangan lawannya. Twitter menjadi tempat ‘perang’ yang amat seru bagi para pendukung kandidat.

Saya tidak memilih karena KTP-nya tidak masuk Jakarta. Tetapi secara pribadi, saya lebih memilih kandidat lama. Well, kandidat saya yang asli sebenarnya sudah kalah diputaran pertama. Memang kandidat lama ini belum menunaikan janjinya, tetapi mereka sangat mengerti mengenai Jakarta. Bahwa tidak mudah merubah Jakarta. Bukannya saya pesimis atau tidak ingin memberikan kesempatan kepada kandidat yang baru, tetapi mereka seperti terburu-buru menilai Jakarta dengan teori mereka.

Jakarta adalah kota besar di negara kita tercinta ini yang amat beragam. Berbagai macam teori tidak akan mampu mendikte sang ibu kota, kalau belum ada penelitian. Bukan hanya suku Betawi yang mendiami sang ibu kota, tetapi berbagai macam suku di Indonesia juga ras dari berbagai belahan dunia.

Mungkin para kandidat baru tersebut bisa dibilang berhasil memajukan kota asalnya. Tetapi dibutuhkan tenaga, pikiran, empati serta kedisplinan yang luar biasa untuk memimpin Jakarta. Bukan hanya bermodal sukses, katanya, di kota kecil.

Itu pikiran saya. Yang tidak setuju, silahkan. Tapi siapapun yang menang, entah lama atau baru, agar menyadari bahwa rakyat sudah ‘pintar’.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s